Cara Instal Jellyblast V3 ROM di Samsung Galaxy Young

2:06 AM 0 Comments


Bagi kalian para pengguna perangkat Samsung Galaxy Young yang ingin menikmati keindahan tampilan ala OS Jellybean di perangkat kalian, maka cobalah ROM yang satu ini. Jellyblast merupakan ROM buatan para pengembang dari Forum XDA-Developer yang didesain sedemikian rupa agar mirip dengan tampilan OS Android versi Jellybean. Selain desain tampilan, tema serta ikon yang serba "Wah", Jellyblast juga menggunakan Kuro Kernel yang terkenal akan kestabilan sistemnya dan sangat irit baterai, membuat ROM ini diklaim sebagai ROM yang indah, ringan, cepat, dan irit energi.


ROM ini sangat keren tampilannya dan juga irit baterai. Tapi sayangnya agak lebih berat dibandingkan dengan ROM bawaan resmi defaultnya. Yah, tampilan yang bagus memang harus dibayar mahal dengan kebutuhan spesifikasi hardware yang tinggi pula. Jadinya dengan spesifikasi hardware Galaxy Young yang "standar", maka terkesan menjadi agak berat. Tapi tenang saja, dengan adanya fitur penghapusan aplikasi sistem, kalian bisa menghapus aplikasi-aplikasi bawaan ROM yang tidak terlalu kalian butuhkan. Seperti misalnya aplikasi Social Hub (saya tidak pernah menggunakan aplikasi yang satu ini), Email (aplikasi push mail yang saya gunakan hanyalah Gmail), Google Search (saya bisa googling menggunakan opera mini), Google Chrome (saya lebih suka pakai opera mini), dan lain-lain. Setelah beberapa aplikasi itu dibuang, maka perangkat saya pun jadi jauh lebih enteng. Belum lagi ada fitur Startup Applications. Disini kalian bisa mengaktifkan maupun menonaktifkan aplikasi-aplikasi apa saja yang ingin berjalan pada saat Android booting. Kesimpulannya sih, ROM ini sangat cocok digunakan oleh kalian yang menginginkan tampilan yang bagus + keiritan baterai. Untuk kecepatan sih agak kurang. Walaupun bisa diatasi dengan penghapusan aplikasi-aplikasi bawaan sistem.

Berikut ini adalah tampilan beberapa screenshot dari Jellyblast V3 ROM :


Instalasi JellyBlast V3 di Samsung Galaxy Young

Persiapan :

1. Sebelum memulai instalasi, pastikan bahwa perangkat kalian sudah di root. Jika belum, kalian bisa menuju ke artikel saya yang ini untuk me-root Samsung Galaxy Young.
2. Pastikan juga kalian sudah mempunyai alat untuk masuk ke mode CWM. Unduh disini.
3. Unduh file Jellyblast V3-nya disini.
4. Pastikan Samsung Galaxy Young kalian masih menggunakan ROM bawaan asli dari Samsungnya (Stock ROM), bukan Custom ROM. Jika kalian terlanjur sudah menggunakan Custom ROM, maka kalian bisa menginstall ulang (flashing) Galyoung kalian dengan Stock ROM yang ada, atau bisa dengan membuka file Jellyblast V3.signed.zip yang telah kalian unduh dari komputer, kemudian hapuslah file boot.img yang ada didalamnya, kemudian flash-lah Galaxy Young kalian menggunakan file tersebut.
5. Hapuslah semua bekas-bekas file milik aplikasi link2sd, a2sd, atau data2sd, dan formatlah juga partisi kedua milik kalian.

Tahapan Instalasi :

1. Letakkan file CWM dan file Jellyblast V3.signed.zip di sd card kalian, jangan letakkan di folder apapun.
2. Matikan Galaxy Young kalian.
3. Nyalakan Handphone kalian kedalam mode Recovery mode dengan menekan tombol power + tombol home screen + tombol volume up secara bersamaan seperti gambar dibawah ini :


4. Setelah masuk kedalam mode recovery, pilihlah Apply Update from Sdcard kemudian pilih file CWM yang telah kalian unduh sebelumnya.
5. Sekarang kalian sudah masuk ke mode ClockWorkMod. Pilihlah Wipe Data Reset, kemudian Wipe Cache dan Dalvik Cache juga.
6. Selanjutnya pilih Install zip from sd card.
7. Carilah file Jellyblast V3.signed.zip. Pilih Yes.
8. Instalasi akan berlangsung cukup lama, tunggu saja dan bersabarlah.
9. Jika sudah selesai pilih Reboot System Now. Booting yang pertama kali akan berlangsung cukup lama juga, seperti biasa, bersabarlah.
10. Apabila kalian mengikuti langkah-langkahnya dengan benar, maka seharusnya kalian akan segera masuk ke dalam tampilan awal Jellyblast ROM.

Lihat video petunjuk instalasi :

video

0 komentar: